Minggu, 07 Agustus 2016

Derawan

Suatu hari Bos mengajak saya dan beberapa rekan kerja untuk berlibur ke Derawan, setelah googling ternyata Derawan itu termasuk kepulauan di Kalimantan Timur dan terkenal akan wisata lautnya.

Peta Kalimatan Utara - Kepulauang Derawan

tanggal  27 Mei 2014 Kami berangkat dari Jakarta naik pesawat Jam 5.30  jam,  sengaja dipilih pesawat paling pagi karena saat ini hanya penerbangan ini yang tidak transit sehingga kami bisa sampai tujuan lebih cepat.
di Bandara Juwata International Airport Tarakan

Dibandra Juwata International Airport Tarakan
setelah turun dari pesawat kami makan pagi sekaligus makan siang di restauran yang cukup terkenal di Tarakan, restauran ini saat kami datang belum buka karena masih cukup pagi, tetapi kami tetap di terima dengan baik oleh pelayan dan pemiliknya, kami memesan cukup banyak makanan dan ternyata masakannya memang nikmat sekali.

setelah jam 11 kami segera menuju pelabuhan Tengkayu, tour Derawan ini kami menggunakan Lucky Tour, rombongan kami  ada sebelas, dari Pelabuhan Tengkayu kami menggunakan kapal kecil menuju Derawan dengan lama perjalanan memakan waktu kurang lebih selama 3 jam.

di Pelabuhan Tengkayu Tarakan

Kapal Kecil menuju Kepulauan Derawan

Setibanya di Derawan kami ke penginapan, kami mendapat penginapan yang menjorok ke arah laut dengan pemandangan yang menakjubkan. Langsung bos menginstruksikan untuk membagi-bagi   bahan makanan mentah yang beliau bawa banyak sekali ada Udang, cumi, kepiting, Abon ikan, dendeng, ikan teri Sungai. Dan ternyata masih ada lagi 1 kardus makanan cemilan yang jumlahnya tidak terkira.  Sepertiga bahan mentah yang dibawa diserahkan ke bagian dapur, untuk minta tolong dimasakkan untuk tambahan lauk malam hari, dan sisa di titipkan ke kulkas di bagian dapur untuk dimasak keesokan harinya.

Setelah agak sore beberapa rekan langsung snorkling di sekitar pulau, saya memilih beristirahat karena mengantuk, sepanjang perjalanan yang panjang dan jauh saya tidak bisa tertidur dan setiap kali mau pergi jauh saya sulit tidur karena takut ketinggalan pesawat :), jadi lebih baik tidur-tiduran.

Saat malam hari kami makan malam di kantin, wow ternyata kantinnya full, banyak juga turis lokal dan luar negeri yang datang berkunjung ke Derawan saat itu, setelah mengambil makan standar yang telah disediakan oleh tour, kami ke meja makan dan tak lama kemudian lauk-lauk tambahan kami datang, wow ... benar-benar banyak sekali.

setelah kekenyangan makan, saya dan beberapa rekan berjalan-jalan di sekitar perkampungan, saat berjalan ada yang main pingpong langsung rekan kami meminta ijin untuk ikut bermain, mereka bermain cukup lama juga, kami menonton permainan tersebut seru sekali, ternyata rekan kami yang walaupun agak gendut ternyata lincah juga. Setelah itu kami berjalan-jalan ternyata Pulau Derawan ini cukup ramai.

Keesokan harinya setelah makan pagi, kami diajak berkunjung ke  Pulau Nabuco, dan Pulau Kakaban. perjalan menggunakan speed boat sekitar 1 jam.