Kamis, 19 Mei 2016

Pulau Maratua

 Pulau Maratua termasuk dalam gugusan Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur, kabupaten Berau.Maratua adalah Pulau besar dengan sebuah laguna (sekumpulan air asin yang terpisah dari laut oleh penghalang yang berupa pasir, batu karang atau semacamnya. Air yang tertutup di belakang gugusan karang (barrier reef) atau pulau-pulau atau di dalam atol).

  Pemadangan dari Pulau Maratua,  dimana terdapat dermaga, jembatan-jembatan yang menghubungkan antar resort utama dengan penginapan-penginapan di dominasi warna merah tua, yang sangat kontras dengan warna laut biru Tosca yang bergradasi, pasir putih yang sangat lembut, ikan-ikan laut yang sangat banyak dan bermacam jenisnya berkeliaran, ahhh  cantik sekali. 

Bahkan dari Setiap pagi dan sore hari bahkan kita bisa melihat penyu hijau melintas di sekitar pulau. sepanjang Pulau Maratua merupakan tempat bertelur yang terbesar bagi jenis penyu ini. Ratusan penyu bertelur di pulau ini,



Dermaga Merah di Pulau Maratua

Dermaga Merah di Pulau Maratua



#maratua #Derawan #Kaltara #Indonesia



Di Pulau Maratua terdapat banyak spot untuk menyelam seperti tetapi karena arusnya kuat sebaiknya bagi yang baru belajar menyelam tidak menyelam di sekitar sini, dan sangat diperlukan pendamping penyelam.

Jetty dive
di tempat ini kita bisa menemukan gerombolan ikan ikan Mandarin, crocodile fish, berwarna-warni dragonet, cumi-cumi, gurita.

Turtle Traffic
di tempat ini kita bisa melihat banyak penyu raksasa berkeliaran, mereka sangat lembut dan mereka akan membiarkan kita untuk mendekati mereka dengan cukup erat, tetapi sebaiknya jangan memegang penyu karena, bakteri di tangan kita akan menyebabkan tumor pada penyu dan bisa menyebabkan kematian penyu.

pada kedalaman 10 meter kita bisa melihat dan belajar mengenai belut, udang mantis, lobster, nudibranch yang sangat cerdik menyamar di antara karang yang berwarna warni

Big Fish Countrykita bisa melihat banyak ikan berukuran besar seperti Manta raksasa, Giant Travally, Frey shark, white tips shark, schooling Barracuda.

menjemur perlatan snorkling




Tidak ada komentar:

Posting Komentar